Banner 728 Dua

Budidaya Pepaya Dengan Pupuk Nongfeng

Budidaya pepaya belakangan ini banyak dilirik para petani baik itu pepaya california, bangkok maupun jenis lainnya yang banyak beredar di pasar. Tetapi saat ini Pepaya California merupakan varietas pepaya baru yang sedang di gemari oleh para petani kareana disamping masalah harga pepaya yang satu ini buahnya lebih manis, tahan lama, dan dapat dipanen lebih cepat bila dibandingkan dengan pepaya varietas lain.

Syarat tumbuh

Untuk budidaya pepaya , ada beberapa hal seputar syarat tumbuh tanaman yang perlu diketahui. Pepaya California tumbuh pada dataran rendah di ketinggian 700 – 1000 mdpl, dengan curah hujan 1000 – 2000 mm/tahun,  di suhu udara optimum 22 – 26 derajat Celcius serta kelembaban udara sekitar 40%. Pada saat angin tidak terlalu kencang adalah waktu yang sangat baik untuk penyerbukan, disamping ditunjung juga oleh faktor tanah yang subur, gembur, mengandung humus dan banyak menahan air, serta pH tanah cukup ideal antara 6 -7 (netral).


Pembibitan

•Persyaratan benih

Biji-biji yang akan disiapkan sebagai bibit sebaiknya diambil dari buah-buah yang masak benar dan dari pohon pilihan kemudian setelah di belah diambil biji-bijinya. Biji kemudian dicuci bersih sampai kulit yang menyelubungi biji terbuang, lalu dikeringkan ditempat teduh atau anda beli benih Pepaya dari penjual yang terpercaya.


• Penyiapan benih
Benih yang telah siap campur rendam dengan NF aaplus ( 1tutup botol) kemudian diamkan selama 3-4 jam. kemudian setelah ditiriskan baru di semai di dalam polybag ukuran 20 x 15 cm. Media yang petanimodern gunakan adalah tanah yang diayak kemudian campur dengan pupuk kandang kering.

•Teknik penyemaian
-Benih ditanamkan pada kedalaman 1 cm lalu tutup dengan tanah. Penyiraman dilakukan setiap hari. Benih yang telah berkecambah terlihat tumbuh setelah 12-15 hari. Dengan  ketinggian sekitar 15-20 cm atau usia yang menginjak 45-60 hari, bibit sudah siap ditanam.
-Biji-biji bisa langsung ditanam / disemai lebih dahulu. Penyemaian dilakukan 2 atau 3 bulan sebelum bibit persemaian itu dipindahkan ke kebun.
•Pemeliharaan semaian
Pada persemaian, biji-biji ditaburkan pada barisan dengan jarak 5 – 10 cm. Biji jangan sampai dibenam dalam-dalam, cukup 1 cm. Biji-biji akan tumbuh sesudah 3 minggu ditanam. Dengan interval 1 minggu sekali, semprotkan NF hijau dan NF aaplus sesai dosis.
•Pemindahan bibit
Bibit-bibit yang berumur 2–2,5 bulan adalah bibit yang sudah dewasa, dan dapat dipindahkan pada permulaan musim hujan.

Pengolahan lahan

Untuk pengolahan tanah, langkah-langkahnya sebagai berikut:

-Lahan dibersihkan dari segala macam gulma, lalu dicangkul / dibajak dan kemudian digemburkan.
-Bedengan berukuran lebar 200 – 250 cm, dan tinggi 30 – 50 cm, panjang secukupnya, jarak antar bedengan 60 – 80 cm.
-Buat lubang dengan ukuran 50 x 50 x 40 cm di atas bedengan, dengan jarak tanam 2,5m x 2,5 m.
-Apabila tanahnya bersifat asam (pH kurang dari 5), sebaiknya sesaat setelah diberi pupuk yang matang, perlu ditambah ± 1 kg Dolomit dan biarkan 1-2 minggu.

Pembuatan lubang penanaman

Lubang berukuran 50 x 50 x 50 cm digali secara berbaris. Lubang-lubang tersebut selanjutnya biarkan kosong. Setelah itu, lubang-lubang 1 minggu sebelum tanam kocor dengan campuran NF HAHA dan NF AAplus ( setiap tanaman 200-250ml). Setelah baru dech lahan siap untuk ditanami.


Cara penanaman

Setiap lubang diisi 3-4 buah biji. Beberapa bulan berikutnya, akan dapat dilihat tanaman jantan dan betina atau berkelamin dua.


Penjarangan serta penyulaman

Penjarangan dilakukan agar memperoleh tanaman betina dan jantan. Ini dilakukan pada saat tanaman mulai berbunga.


Penyiangan

Kapan waktu dan banyaknya kebun tersebut disiangi tidak dapat ditentukan, tergantung dari keadaan.


Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan cara di semprot dan kocor, intervalnya 1 minggu sekali. Pupuk Nongfeng yang digunakan adalah NF Hijau, NF Aaplus, Nitrobor. Setelah mulai berbunga segera pupuk dengan NF pillow 2-4 sachet perpohon dengan interal 3bln medote aplikasi NF Pillow ini dengan cara di tanam ( 10 cm dari batang utama)

Pada waktu penyemprotan bisa dicampur dengan fungi dan insec untuk pencegah terhadap penyakit yang sering ada di tanaman buah pepaya
   
Pengairan serta penyiraman

Pepaya memerlukan cukup air tetapi tidak tahan dengan genangan air. Maka pengairan dan pembuangan air harus diatur dengan seksama.


Pengendalian hama serta penyakit

Untuk pengendaliannya, semprot dengan  REBORN, TISAPTI maupun TIBAKTE


Panen dan penanganan paska panen

Tanaman pepaya bisa dipanen ketika berumur 7,5  bulan. Dipetiknya harus pada saat buah itu memberikan tanda-tanda kematangan berupa warna kulit menguning. Rata rata pemetikan buah pepaya ini dengan interval 4-5 hari sekali,

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.