Banner 728 Dua

Menanam Cabai Merah Di Musim Hujan

PetaniModern.com Menanam cabai dimusim hujan berarti menanggung resiko gagal karena gangguan penyakit. Karena pada musim penghujan ini memang sanagt sangat riskan untuk tanaman cabe khususnya, sehingga pasokkan ke daerah daerah akan tersendat, nach bila anda berhasil anda tentunya akan mendapatkan hasil keuntungan karena harga cabe akan melambung tinggi.
Usahakan lokasi yang akan ditanami cabai adalah bekas penanaman padi, kacang-kacangan, jagung, kubis bisa jadi alternatip,  tanah tersebut harus kaya bahan organic, pH 5,5-6,5, gembur dan sedikit mengandung tanah liat, ini bertujuan supaya drainase akan berjalan baik. Atau anda bisa membuat parit di antara bedengan dengan memberikan kemiringan yang nantinya untuk jalur air hujan, jadi bila hujan datang dengan terus menerus maka tidak akan terjadi genangan di sekitar bedengan. Untuk pemilihan bibit bisa sesuaikan dengan daerah anda, yang kami coba adalah menggunakan beberapa type cabe diantaranya : Hot beauty, atau Spocket ( type ini hanya di distribusikan oleh Nongfeng- *), Cabe Rawit ( hasil dari pembenihan sendiri ), Cabe Kriting ( cabe yang di produksi sendiri ), lahan tempat coba luas 6000mtr.
 
Nach pada saat pembibitan, sebaiknya jumlah benih yang akan anda disemai lebih banyak 1-2 pak daripada biasanya, karena biasanya akan ada penyulaman ( biasanya akan lebih banyak) . Terus benih yang disemai ditanam di polybag berisi media pupuk kandang, pasir dan pestisida. Usahakan Polybag tanaman diletakkan di rak-rak kurang lebih dengan tinggi 1,2 m dari tanah, yang jelas ini bertujuan supaya benih cabai tidak terkena percikan hujan.
Untuk penyakit rebah batang atau dumping off akibat serangan cendawan Pythium aphanidermatum. Untuk mengatasinya, semprotkan fungisida berbahan aktif promakarb hidroklorida dengan konsentrasi 0,5-1,0 ml/l saat daun sejati bibit telah muncul (12-14 hari setelah tanam). Menjelang pindah tanam, bibit disortir. Hanya bibit sehat dan seragam yang layak untuk ditanam atau bisa menggunakan produk dari kami yaitu Pestisida Nabati MM 22 ( fungisida dan bakterisida )
POPULASI TANAMAN
Bibit selanjutnya ditanam di bedengan. Ukuran bedengan disesuaikan dengan kondisi saat musim hujan :
Lebar bedengan 100-110 cm,
lebar parit 60-70 cm,
Tinggi Bedengan 40-50cm
Jarak Tanam 70 x  80
panjang bedengan disesuaikan dengan lahan,  bikin parit dengan kondisi miring hal ini mempermudah pemeliharaan tanaman dan pembuangan air yang berlebihan. agar akar tidak tergenang saat hujan. Juga supaya air hujan terbuang tuntas.
Untuk mengurangi penguapan air dalam tanah dan menghindari percikan air hujan yang dapat mengakibatkan datangnya cendawan bedengan di tutup dengan mulsa hitam yach . Pemasangan mulsa sebaiknya dilakukan sesudah hujan, untuk memudahkan penancapan bambu pada pinggiran mulsa. Pemasangan mulsa harus selesai saat itu juga, jangan tertunda.
Hindari populasi yang terlalu padat akan merangsang datangnya hama dan penyakit. Petani Modern menggunakan jarak tanaman 70×80, karena dengan jarak yang demikian sinar matahari akan bisa sampai ke batang, memang jarak ini akan membuat tanaman jadi kelihatan jarang jarang tetapi hasil yang akan di dapatkan bisa maksimal, karena pertumbuhan cabang cabangnya akan bebas. untuk mencegah robohnya tanaman akibat hujan dan tiupan angin, dipasang ajir rangkap dua, atau usahakan menggunakan bambu petung, karena bambu ini lumayan mumpuni. dan tentunya di bikin yang agak besar yach. Bila anda menggunakan Pupuk Nongfeng usahakan ajir dibikin dengan ketinggian minimal 2meter, karena dengan bibit Spocket atau bibit unggul lainnya tanaman cabe anda di umur 4 bulan akan mencapai 1,55- 1.65 meter, Petani Modern dalam memasang ajir bersamaan dengan penanaman bibit cabe, ini bertujuan supaya tanaman tersebut tidak tertumbus akarnya pada saat pemasangat AJIR.
Setelah 1 minggu tunas-tunas yang tumbuh harus dirempel atau dipangkas sampai terbentuk cabang. Bila tidak dipangkas, daun-daun di bagian bawah akan sangat rimbun, nach ini hati hati yach karena dengan daun yang sangat rimbun tentu akan ‘mengundang’ cendawan.
Untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit kami menggunakan pupuk hi-tech yaitu pupuk nongfeng, seperti Nongfeng Hijau, Nongfeng kalsin, Nongfeng Aaplus, Untuk kocor kami tambahkan Nitrobor yang kami seling dengan SE Powder. Untuk tahap Generatip Nongfeng Hijau kami ganti dengan Nongfeng Buah dan kami tambahkan Nongfeng Bunga serta Powegibs.
Untuk Pengendalian hama kami Petani Modern menggunakan Tisapti, Reborn, Tibakte, dan beberapa produk Petani Modern semisal PestiNab MM21, Pestinab MM 22.  Untuk menghindari banyaknya tanaman yang kena Virus gemini biasanya kami akan mencabut tanaamn tersebut yang kemudian akan kami isi dengan tanaman horti lainnya semacam kedelai / bawang merah.
Dikarenakan musim hujan maka hama terbesar lainnya adalah lalat buah, pengendalian yang kami jalankan yaitu dengan cara :
  • pengasapan secara manual dengan menggunakan jerami / serabut kelapa
  • pemasangan perangkap lalat buah
  • penyemprotan rutin obat khusus pathek ( kami menggunakan PestiNab Fungi MM-18 )
Pengendalian hama juga kami lakukan dengan pengorbanan penanaman Caisin di sekelilin lahan, karena dengan adanya caisin ini ulat, belalang, jangkrik, rispoh dan bekicot dan sejenisnya akan menyerang caisin ini.
Untuk anda yang ingin aplikasi Pupuk Nongfeng pada tanaman cabe bisa menghubungi kami Petani Modern, Beberapa produk kami jual di bukalapak  : link ada DISINI
Salam Sukses
team petani modern
+62 8157877 1168
Update : * type spocket sekarang sudah tidak di produksi lagi ( 15/01/2018 )

tag :

    petani modern memperoleh air pada musim kemarau dengan cara , tanam cabai musim hujan , bertani cabe modern , budidaya cabe modern , Bertanam cabai modern , pertanian cabai modern

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.