Jenis-Jenis Tanaman Padi

Padi ( Oryza sativa L.) adalah salah satu tanaman budidaya terpenting di Nusantara dalam kehidupan sehari hari. Nach berikut jenis-Jenis Tanaman Padi

Padi Gogo

Merupakan jenis padi yang lebih dominan dibudidayakan didaerah tropis,hanya mengandalkan dari air hujan. Padi jenis ini tidak terlalu menuntut banyaknya ketersediaan air.

Padi Rawa

Merupakan jenis padi ini termasuk dalam tanaman liar mampu hidup di daerah rawa,memiliki batang Batang cenderung lebih panjang untuk menyesuaikan dengan kedalaman rawa-rawa tersebut.

Padi Pera

Merupakan Jenis padi ini umum ditanam dan sebagian besar orang indonesia menyukai jenis padi ini selain itu juga,memiliki kadar amilosa pada pati lebih dari 20% pada berasnya. Butiran nasinya jika ditanak tak saling melekat dan memiliki nasi yang tergolong pulen.

Padi Ketan

Merupakan jenis padi terdapat varian baik putih maupun merah atau hitam, sudah dikenal sejak dulu. Padi ketan memiliki kadar amilosa di bawah 1% pada pati berasnya.

Padi Wangi

Merupakan jenis padi terkenal sebagai penghasil beras kering yang harum (Aromatic rice) banyak dikembangkan beberapa daerah di Asia, varietas padi Jawa yang terkenal ialah ras Cianjur Pandanwangi dan Rajalele.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *